Tips Cantik

Jenis Kulit Wajah dan Perawatan yang Tepat

jenis kulit wajah - diary cantik

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda, ada yang berminyak ataupun kering. Terkadang hal itu pula yang membuat skincare atau makeup yang dipakai oleh orang lain belum tentu cocok pada kita. Untuk menentukan perawatan wajah yang tepat, kita perlu mengetahui terlebih dahulu jenis kulit kita. Kira-kira jenis kulit kita itu apa ya? Normal, berminyak, kering atau kombinasi?

Pertama kamu perlu bersihkan wajahmu dengan air suhu normal seperti biasa, jangan gunakan air panas karena dapat merusak kulitmu. Setelah bersih, keringkan wajahmu dan tunggu 20-30 menit, jangan menggunakan skincare apapun.

Setelah menunggu kurang lebih 20 menit ambillah tisu atau blotting paper. Kamu bisa mulai dari area T-Zone ( dahi, hidung & dagu ) lalu ke bagian wajah lainnya. Jika minyak banyak ditemukan di area T-Zone maka kulitmu memiliki jenis kombinasi. Lain halnya jika minyak terdapat hampir diseluruh wajah, maka kamu memiliki jenis kulit berminyak. Jika minyak hanya menempel sedikit, berarti kamu memiliki jenis kulit normal, namun jika kulit terasa tertarik dan tidak ada minyak sama sekali, maka kamu memiliki jenis kulit kering.

Tes diatas adalah cara sederhana untuk mengetahui jenis kulitmu, jika kami ingin mengetahui lebih detail jenis kulitmu seperti sensitif atau acne prone lebih baik konsultasikan dengan dokter yang ahli di bidangnya agar kamu dapat merawat kulitmu dengan tepat.

Foto: unsplash @ostshem

Perawatan untuk kulit berminyak biasanya memakai skincare dengan kandungan salicylic acid yang dikenal dapat membersihkan pori-pori wajah dari minyak dan kotoran. Kulit berminyak biasanya memiliki pori-pori yang rentan tersumbat. Oleh karena itu perawatan kulit berminyak sedikit ribet ya girls. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, maka wajahmu akan terasa kenyal dan lembab loh.

Perawatan untuk kulit kering biasanya memakai kandungan yang kaya akan moisturizer. Memberikan hidrasi dan kelembaban adalah kunci perawatan kulit kering. Skincare dengan kandungan hyaluronic acid dapat membantu mengunci kelembaban kulit. Kamu bisa menambahkan pemakaian face oil atau memakai masker dengan bahan alami seperti alpukat untuk menambah nutrisi agar kulitmu terasa kenyal.

Yup, sekian sharing kita ya girls. Semoga kita semua makin memahami dan merawat kulit kita dengan baik.

(2) Comments

  1. […] terbesar tubuh kita, kulit melindungi organ dari berbagai pengaruh luar yang mungkin membahayakan. Kulit menghasilkan pigmen yang disebut melanin yang memberikan warna pada kulit. Karena sering terpapar […]

  2. […] pada wajah yang diproduksi oleh kelenjar minyak yang berada dibawah kulit. Fungsinya untuk menjaga kulit wajah kita tetap lembab. Tapi, jika produksi minyak terlalu banyak pasti akan menimbulkan jerawat dan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *