Tips Cantik

Perbedaan Peeling dan Scrub ? Yuk Cari Tahu

Peeling dan scrub, Diary Cantik

Peeling dan scrub pasti sering kita dengar dalam rangkaian perawatan kulit. Memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membersihkan sel kulit mati, ternyata peeling dan scrub itu berbeda loh. Check these out!

Scrub memiliki tekstur yang kasar, butiran scrub bisa berukuran kecil ataupun besar. Bahan alami yang biasanya digunakan sebagai scrub adalah kopi, aprikot, brown sugar, gula pasir dan berbagai bahan lainnya. Scrub digunakan dengan cara mengoleskannya pada permukaan kulit lalu digosok perlahan hingga sel kulit mati terangkat.

Peeling dan scrub, Diary Cantik
Foto: unsplash @raphaellovaski

Peeling biasanya berbentuk cairan atau gel dan biasanya peeling terdiri dari bahan kimia exfoliator seperti AHA, BHA, PHA. Jenis peeling biasanya dibagi menjadi 3 yaitu peeling dangkal, sedang dan dalam. Cara penggunaan peeling yaitu dengan mengoleskan ke seluruh wajah lalu tunggu 5-10 menit sesuai anjuran produk peeling yang digunakan. Peeling biasanya diaplikasikan oleh dokter atau orang yang ahli dalam dunia kecantikan, namun adapula peeling dengan konsentrasi rendah yang bisa digunakan dirumah.

Peeling biasanya membersihkan kulit lebih dalam dibandingkan scrub yang hanya bekerja pada permukaan kulit. Lalu apa semua jenis kulit cocok menggunakan scrub atau peeling? Well itu tergantung dari jenis kulitmu girls. Tipe kulit sensitif lebih baik menggunakan scrub berbahan dasar halus dan menggosoknya dengan ringan dibanding menggunakan peeling yang dapat memicu iritasi karena membersihkan kulit lebih dalam. Jika sedang memiliki masalah jerawat, lebih baik kurangi penggunaan peeling atau scrub lebih dulu karena dapat memperparah jerawatmu.

Kalau aku sendiri lebih cocok menggunakan peeling daripada scrub. Karena saat kulitku lagi jerawatan, scrub cenderung bikin kulitku merah-merah girls. Tapi saat kulitku baik-baik aja, scrub efektif banget bikin kulit jadi lembut dan cerah seketika.

Saat pakai peeling, aku lebih suka peeling di dokter girls. Peeling yang aku gunakan dirumah biasanya kurang ngefek dibanding peeling di dokter. Biasanya aku pilih peeling ringan, jadi pengelupasannya hampir gak ada. Tapi yang paling gak aku suka dari peeling adalah rasa cekit-cekit saat pengaplikasiannya, jadi mohon ditahan ya girls.

(1) Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *