Hair & Body

Mewarnai Rambut Ada Tekniknya Loh, Yuk Cek Dibawah Ini

Tren mewarnai rambut atau yang lebih dikenal dengan Hair Coloring memang sangat hits belakangan ini. Tidak hanya digunakan sebagai penyamar uban, hair coloring sekarang sudah menjadi kebutuhan utama untuk menunjang penampilan seorang wanita.

Cek dulu yuk teknik mewarnai rambut apa nih yang cocok untuk kalian aplikasikan.

1. Temporary Hair Coloring

Teknik yang pertama ini hanya menggunakan pewarna rambut yang bertahan selama beberapa jam atau hari, warna rambut akan luntur saat kalian mencuci rambut. Umumnya pewarna sementara ini berbentuk botol spray atau bubuk dan hanya mengandung hidrogen peroksida. Dengan kandungan ini, warna rambut hanya menyerap sampai bagian luar dari batang rambut sehingga kesehatan rambut masih tetap terjaga. Metode ini cocok untuk kalian yang hanya ingin mewarnai rambut untuk acara tertentu.

2. Permanent Hair Coloring

Sesuai dengan namanya, pewarnaan rambut menggunakan ini akan bertahan lebih lama atau permanent. Berbeda dengan teknik sebelumnya, kandungan amonia dalam permanet hair coloring membuat warna yang diaplikasikan lebih cepat meresap dan membuat warna tersebut bertahan lebih lama.

3. Hair Bleaching

Hair Bleaching adalah salah satu teknik yang paling popular di kalangan wanita. Namun sayangnya tidak semua memahami konsep dari Hair Bleaching. Jika kalian ingin mendapatkan  warna rambut yang sangat terang, hair bleaching sangat diperlukan sebelum mengaplikasikan pewarna rambut. Kalian harus melakukan proses hair bleaching sampai pigmen warna asli rambut benar-benar terangkat. Kalian bisa mengulangi 2-3 kali proses ini lalu melanjutkan ke proses pewarnaan rambut di minggu berikutnya.

4. Balayage

Balayage berasal dari Bahasa Perancis yang berarti “menyapu” sederhananya teknik balayage bertujuan untuk memberi sorotan dan volume pada dimensi rambut. Biasanya sebelum mengaplikasikan cat rambut hairstylist harus membagi rambut dan menjalin menjadi beberapa bagian lalu setelah itu jalinan rambut tersebut harus dibungkus dengan aluminium foil. Tidak heran teknik ini bisa menghabiskan waktu sekitar 2-6 jam, tergantung dari tergantung panjang rambut dan warna yang ingin dihasilkan.

mewarnai rambut
source : kareya-saleh unsplash

5. Highlight

Highlight adalah salah satu teknis mewarnai rambut yang sudah sangat populer sebelum teknik Balayage. Mirip dengan teknik balayage, highlight adalah teknik yang digunakan untuk mewarnai rambut lebih terang dari warna aslinya, namun highlight tidak diaplikasikan pada seluruh bagian rambut.

Sesuai namanya, teknik ini diterapkan dibagian tertentu pada rambut dengan tujuan memberikan dimensi warna yang berbeda pada rambut tersebut. Biasanya potongan rambut yang memiliki layer cocok untuk teknik ini sehingga rambut terlihat lebih bervolume dan sehat.

6. Ombre

Ombre adalah teknik pewarnaan rambut yang banyak diminati oleh kaum hawa. Teknik yang memadukan warna gelap dan terang menjadi satu kombinasi warna baru yang sangat menarik. Biasanya teknik Ombre akan lebih gelap dibagian akar rambut dan semakin terang dibagian ujung rambut. Jika kalian ingin mewarnai rambut tapi tidak terlalu mencolok, teknik Ombre sangat bagus untuk kalian coba. Kalian bisa mengaplikasikan warna yang soft seperti coklat. Banyak pilihan dari warna coklat yang bisa menjadi inspirasi seperti Ginger Brown, Copper atau Ash Brown.

So, sekarang sudah tau kan teknik hair coloring apa saja? Coba deh kalian pikirkan lagi model warna rambut yang kalian inginkan. Warna yang tepat akan mencerminkan pribadi kalian loh, Good Luck!

(1) Comment

  1. […] Mewarnai rambut memang tidak ada salahnya, tetapi kesehatan rambut setelah melalui proses pewarnaan tentu harus dijaga. Biasanya kondisi rambut akan menjadi kering, mudah patah dan rontok. Tapi dengan perawatan rambut yang tepat akan meminimalisir kerusakan pada rambut kalian, usahakan mencari produk yang mengandung vitamin E yang bisa melembabkan rambut.Sekarang kalian gak perlu bingung lagi untuk cari referensi produk apa saja nih yang tepat untuk merawat rambut berwarna, coba deh baca artikel ini sampai selesai, ya! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *