Hair & Body

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga Di Rumah

menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tubuh tetap ideal harus dibarengi dengan olahraga rutin. Selama masa pandemi Covid-19 ini, kita diharuskan untuk beraktifitas di rumah saja, namun tidak berarti kita tidak olahraga sama sekali, bukan? Banyak pilihan olahraga yang bisa kamu coba dirumah, seperti senam pilates, yoga atau latihan kardio.

Cukup 30 menit sehari secara rutin sudah bisa membuat berat badan kamu tetap ideal dan tubuh menjadi lebih bugar.

Nah, kali ini Diary Cantik akan memberikan beberapa tips menurunkan berat badan dengan olahraga kardio yang mudah dan menyenangkan, yuk simak di bawah ini.

1. Squat

Gerakan ini sangat mudah dilakukan dan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh wanita. Selain bisa menurunkan berat badan, manfaat dari teknik ini yaitu, mengencangkan otot bagian paha, betis dan juga membuat bokong anda menjadi lebih kencang. Inilah salah satu alasan mengapa teknik squat harus dimasukkan dalam daftar olahraga rutin kalian. Caranya, berdiri tegap dengan mengangkat tangan ke atas kemudian menurunkan badan seperti posisi jongkok dan rentangkan tangan ke depan.

menurunkan-berat-badan
2. Lunges

Yang kedua gerakan lunges, tidak jauh berbeda dengan squat. Gerakan ini bertujuan untuk melatih otot bagian paha, betis terutama bokong.  Kelebihan dari gerakan ini akan membuat otot kaki kamu lebih fleksible sehigga akan lebih ringan saat melakukan gerakan kardio yang lainnya. Kamu cukup menaruh kedua tangan di pinggang dan berdiri tegak. Mulailah dengan melangkahkan kaki kanan ke depan, lalu turunkan tubuhmu secara perlahan sampai lutut menekuk 90 derajat. Tahan selama beberapa hitungan, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi bergantian dengan kaki kirimu.

3. Jumping Jack

Selanjutnya teknik jumping jack, termasuk dalam kategori olahraga aerobik kardio yang dapat menyehatkan sistem pernafasan kita. Gerakan pada seluruh otot tubuh mulai betis, paha, bahu, punggung bawah dan pinggul dipercaya mampu membakar 186 kalori pada orang dengan berat badan 70 kg apabila dilakukan secara rutin selama 30 menit. Cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, gerakan ini juga tergolong mudah cukup membentangkan tangan kemudian lompat sambil menepuk tangan dan membuka kaki. Ingat lakukan berulang kali ya!

4. Sit Up

Untuk kalian yang ingin fokus membakar lemak pada bagian perut, kalian harus mencoba gerakan sit up. Ya, gerakan ini memang terlihat sulit tapi gerakan ini sangat cocok untuk dilakukan di rumah. Pertama, ambil posisi terlentang dengan kaki sedikit di tekuk lalu tempelkan jari tangan di bagian belakang kepala, angkat badan, kepala dan pinggang seperti posisi duduk kemudian kembali ke posisi berbaring. Latihan ini juga bisa mengencangkan otot bagian dada, pinggul, pinggang bawah dan leher.

5. Plank

Selain gerakan sit up, gerakan yang tepat untuk menurunkan berat badan pada perut yaitu dengan plank. Gerakan ini bertujuan melatih semua otot inti pada tubuh kita terutama otot di area perut dan pinggang. Selain itu, latihan ini juga akan memperbaiki postur tubuh kamu loh! Caranya kamu bisa menggunakan lantai atau matras yoga sebagai alas lalu posisikan tangan lalu bagian siku di lantai, dengan posisi kaki lurus kebelakang. Saat sudah dalam posisi plank maka kita harus menahan posisi tersebut dengan waktu yang telah ditentukan. Biasanya 20-30 detik.

Selain mencoba olahraga diatas, kamu juga harus mengatur pola makan, istirahat yang cukup dan kelola stres. Maka sistem metabolisme tubuh kamu akan lebih maksimal.

sumber foto: freepik.com, vectorstock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *