Hair & Body

Tips Menghilangkan Selulit Pasca Melahirkan

menghilangkan selulit

Selulit atau yang dikenal dengan stretch mark adalah salah satu keluhan kulit yang dialami wanita pasca melahirkan. Saat hamil hormon estrogen dan progesteron meningkat drastis sehingga produksi lemak pada tubuh meningkat lalu menimbulkan bekas guratan pada permukaan kulit. Sayangnya setelah melahirkan garis-garis kerutan berwarna merah kecoklatan ini sulit menghilang.

Guratan selulit biasanya muncul pada area perut, pinggul, paha, bokong dan betis. Meskipun tidak berbahaya, selulit sangat mengganggu penampilan dan bisa menyebabkan tekanan psikologi bagi wanita tersebut.

Menghilangkan selulit pasca melahirkan bisa menggunakan berbagai cara, mulai dari penggunaan krim, pijat atau memanfaatkan bahan-bahan alami. Untuk kalian yang ingin mencoba menggunakan bahan alami, simak tips nya dibawah ini ya!

1. Lidah Buaya

Kandungan vitamin E yang sangat tinggi pada lidah buaya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Untuk permasalahan selulit, lidah buaya mampu untuk menjaga kelembapan serta elastisitas kulit dan membuat guratan selulit itu menjadi pudar secara perlahan. Caranya mudah, ambil 1 batang lidah buaya lalu kupas dan cuci bersih. Keruk daging lidah buaya lalu oleskan pada bagian stretch mark dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu cuci dengan air besih.

menghilangkan-selulit
2. Minyak Zaitun

Kamu tidak punya tanaman lidah buaya? Tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pilihan lain. Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit . Selain itu kandungan anti-oksidan yang ada dalam minyak zaitun membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Caranya, campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1sdm madu, lalu balurkan pada area selulit dan diamkan sebentar. Setelah itu bilas dengan air. Ramuan ini aman digunakan setiap hari.

menghilangkan-selulit
Baca Juga : DIY Scrub Untuk Perawatan Wajah Yang Bikin Glowing
3. Cuka Apel

Berbahan dasar murni dari buah apel, cuka apel ini sangat mudah ditemukan dipasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Kandungan mineral, kalsium, magnesium dan kalium pada sari cuka apel dipercaya efektif menghilangkan selulit pada kulit pasca melahirkan. Caranya, cukup pijat selulit dengan cuka apel secara perlahan dipagi dan malam hari, setelah itu diamkan sebentar dan bilas dengan air hangat.

menghilangkan-selulit
4. Putih Telur

Putih telur mengandung protein dan mikronutrien sehingga sangat baik untuk membuat kulit menjadi lebih cerah, kenyal dan lembab. Selain itu lotion alami dari putih telur juga bisa digunakan sebagai pelembab kulit wajah. Caranya pun mudah, ambil 1 butir telur lalu pisahkan dengan kuningnya, lalu kocok putih telur hingga sedikit mengental setelah itu tambahkan perasan air jeruk nipis atau lemon untuk mengilangkan bau amis. Oleskan pada selulit dan diamkan. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

menghilangkan-selulit
5. Bubuk Kopi

Saran selanjutnya menggunakan bubuk kopi atau ampas kopi. Scrub alami dari bubuk kopi mampu mengencangkan kulit dan menghilangkan selulit secara perlahan. Jika kamu ingin menggunakan ampas kopi pilihlah ampas kopi hitam tanpa gula atau kamu bisa gunakan bubuk kopi hitam lalu campurkan dengan sedikit hangat. Scrub pada bagian selulit dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dan keringkan.

menghilangkan-selulit

Perawatan selulit memang tidak mudah tapi kalau rutin di rawat, bekas selulit pasca melahirkan akan segera hilang. Namun, bila hasilnya kulit kamu menjadi kering atau iritasi segera konsultasikan ke dokter kamu ya!

sumber foto: freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *